Ta’rif Al Jama'ah

Written by Muhammad Soleh on Sabtu, 27 November 2010 at 11:19 AM

Jama’ah menurut arti bahasa adalah perkumpulan atau golongan, sedangkan menurut arti syariat adalah Kumpulan orang-orang iman yang menetapi agama bersama-sama dengan dipimpin oleh seorang Imam, Imam Ibnu Jarir At-Thabari ra himahullah dan sebagian banyak dari para ahli ilmu menjelaskan defenisi jama’ah menurut syari’at :
Artinya : "Sesungguhnya yang dimaksud dengan Al Jama’ah adalah segolongan dari orang-orang iman yang berkumpul atas seorang imam yang hak, mereka menyerahkan pada sang imam mendengar dan taat dan mengikat bai’at yang disyariatkan kepadanya. Syarah makna “Ahlus Sunnah Wal Jama’ah” Syaikh Shalih Ali As Syaikh
Antonim (perlawanan kata) dari kalimat Al Jama’ah adalah Al Firqoh  yang berarti berpecah belah atau tidak berjama’ah, sebagaimana antonim dari shalat berjama’ah adalah shalat munfarid (sendiri).
Sebagaimana urairan tentang defenisi jama’ah menurut syariat di atas maka dapat kita fahami bahwa keberadaan Imam yang dibai’at menjadi syarat mutlak bagi terbentuknya suatu jama’ah, dengan kata lain mustahil wujud suatu jama’ah jika tanpa imam, sebagaimana mustahilnya shalat jama’ah jika tidak ada salah seorang yang menjadi imamnya.

0 Responses to "Ta’rif Al Jama'ah"

Translate to :

Translate to :

Entri Populer

Pengikut

Ahlussunnah Wal Jama'ah. Diberdayakan oleh Blogger.

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.